TES KOMPETENSI BAB 5

A. Pola Hubungan Internasional yang Dibangun Indonesia
Latihan 1.
A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Indonesia sebagai negera merdeka berhak menentukan politik luar negerinya sendiri. Politik luar negeri Indonesia dilaksanakan sejak awal kemerdekaan demi tercapainya . . . .
a. ketertiban dunia                       d. kesejahteraan bangsa-bangsa di dunia
b. kejayaan bangsa Indonesia     e. keadilan bagi negara-negara berkembang
c. negara Indonesia yang abadi

2. Dasar hukum pelaksanaan hubungan internasional yang dilakukan Indonesia diatur dalam . . . Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
a. alinea ketiga Pembukaan         c. pasal 1 ayat (1)            e. pasal 8 ayat (2)
b. alinea keempat Pembukaan     d. pasal 5 ayat (1)

3. Negara merupakan subjek hukum hubungan internasional. Bentuk tindakan yang dapat dilakukan negara sebagai bagian dari aktivitas dalam melakukan hubungan internasional adalah . . . .
a. Hani akan mengunjungi kakaknya yang sedang kuliah di Amerika Serikat
b. Indonesia melakukan kerja sama dengan India mengenai proyek perfilman
c. Nania seorang warga negara Indonesia berteman dengan Laura seorang warga negara Inggris
d. terdapat lima orang warga negara asing yang ditahan di lembaga pemasyarakatan Nusakambangan
e. pemerintah Indonesia melarang warga negara Indonesia pergi ke beberapa negara yang sedang berkonflik

4. Pelaksanaan hubungan internasional dapat dilakukan dengan cara bilateral, regional, dan multilateral. Pelaksanaan hubungan internasional yang bersifat regional yang diikuti Indonesia adalah . . . .
a. Malaysia dan Indonesia mempersengketakan Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan
b. pemerintah Indonesia mengirimkan pasukan untuk membantu NATO
c. Pakistan mengajak Indonesia untuk menjalin hubungan bilateral
d. Indonesia mengikuti Konferensi G-20 di Bali
e. Indonesia mengirim pasukan ke Lebanon

5. Konflik yang terus terjadi di kawasan Timur Tengah telah memberikan duka mendalam bagi keluarga korban. Konflik tersebut telah merenggut hak-hak anak untuk mendapat pelayanan pendidikan dan kesehatan yang baik. Akan tetapi, para pihak seolah menutup mata dengan kondisi tersebut.
Indonesia sebagai negara netral dapat melakukan tindakan sesuai politik luar negeri bebas aktifnya.
Tindakan yang bisa dilakukan pemerintah Indonesia adalah . . . .
a. menawarkan diri sebagai bagian dari tim mediator penyelesaian konflik
b. menyediakan persenjataan bagi salah satu pihak yang sedang berkonflik
c. membawa semua anak-anak untuk dijadikan sebagai warga negara Indonesia
d. membiarkan negara-negara untuk berkonflik karena jauh dari wilayah Indonesia
e. memohon kepada kedua negara untuk menyelesaikan konfliknya demi anak-anak

6. Baca wacana di bawah ini!
Indonesia mendapat tawaran dari pemerintah Jepang untuk membuat perjanjian bilateral mengenai visa. Jepang menawarkan kerja sama dengan Indonesia dalam rangka mempermudah warga negara untuk keluar masuk ke tiap-tiap negara. Jepang menyatakan bahwa kebijakan tersebut akan membantu
dalam meningkatkan jumlah wisatawan ke tiap-tiap negara.
Pemerintah Indonesia bisa menerima atau menolak perjanjian tersebut setelah dibahas antara presiden dengan . . . .
a. Sekretaris Negara c. Menteri Luar Negeri e. Dewan Perwakilan Rakyat
b. Menteri Pariwisata d. Dewan Perwakilan Daerah

7. Baca wacana di bawah ini!
Indonesia mengekspor berbagai sayuran dan rempah-rempah ke negara-negara Eropa.
Bagi bangsa Eropa, sayuran dan rempahrampah sangat sulit ditanam di negaranya karena iklim yang kurang mendukung. Oleh karena itu, mereka harus mengimpor kebutuhan pokok tersebut dari Indonesia. Kegiatan ekspor-impor tersebut memberikan keuntungan bagi kedua negara. Indonesia mendapatkan uang dari ekspor, sedangkan negara-negara Eropa mendapatkan sayuran dan rempahrempah sebagai kebutuhan pokok. Wacana di atas menunjukkan bahwa hubungan internasional mempunyai arti penting bagi kedua negara. Arti penting hubungan internasional berdasarkan wacana di atas adalah . . . .
a. saling membantu dalam memenuhi kebutuhan
b. negara-negara Eropa akan ketergantungan kepada Indonesia
c. Indonesia merasa bangga bisa membuka pasar di benua Eropa
d. Indonesia memanfaatkan kekurangan yang dimiliki negara-negara Eropa
e. kedua negara dapat merasakan sayuran dan rempah-rempah yang sama

8. Baca wacana di bawah ini!
Semua negara anggota ASEAN berkumpul di Hanoi dalam rangka ASEAN Ministers Meeting on Rural Development and Poverty Eradication/AMRDPE. Setiap negara diwakili oleh para menteri yang menangani pembangunan perdesaan dan pengentasan kemiskinan. Menteri dari Indonesia, Vietnam,
dan Kamboja memberikan usulan dalam rangka percepatan pengentasan kemiskinan. Ketua mempersilakan kepada semua menteri menanggapi usulan yang disampaikan ketiga menteri tersebut. Semua menteri perwakilan dari negara masing-masing memberikan argumentasi. Wacana di atas menunjukkan bahwa . . . .
a. ASEAN sangat peduli kepada warga miskin yang tinggal di perdesaan
b. menteri yang berasal dari Indonesia sangat menguasai masalah kemiskinan
c. semua negara mempunyai kedudukan yang sejajar dalam hubungan internasional
d. menteri-menteri dari negara-negara lain sangat memuji usulan menteri dari Indonesia
e. menteri dari Vietnam dan Kamboja mempunyai hak menyampaikan argumentasi

9. Pelaksanaan hubungan internasional yang berbentuk bilateral adalah . . . .
a. Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara kepulauan di Samudra Pasifik membuat kerja sama dalam bidang pertahanan negara
b. Indonesia dan Timor Leste membuat kerja sama tentang pertukaran pelajar
c. ASEAN melakukan kerja sama dengan Jepang dalam bidang perdagangan
d. APEC mengajak negara-negara nonanggota untuk bergabung dalam APEC
e. India menjadi Mitra Wicara penuh ASEAN pada KTT ASEAN ke-5

10. Tujuan politik luar negeri Indonesia adalah . . . .
a. membentuk masyarakat adil dan makmur dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
b. menunjukkan kepada dunia mengenai kualitas sumber daya manusia Indonesia
c. menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat dan bermartabat
d. menciptakan Negara Kesatuan Republik Indonesia unggul
e. membentuk bangsa yang unggul dari bangsabangsa lain

B. Kerjakan soal-soal berikut!
1. Jelaskan sesuai pendapat Anda mengenai pengertian hubungan internasional!
Jawaban:
Hubungan internasional adalah hubungan yang dijalin antara subjek hukum hubungan internasional
dengan subjek lain yang akan menimbulkan hak dan kewajiban yang sama.
2. Menurut Anda, bagaimana seharusnya suatu negara menjaga hubungan baik dengan negaranegara lain?
Jawaban:
Suatu negara selalu membutuhkan negara lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi negara
menjalin hubungan dengan negara lain. Supaya hubungan antarnegara tetap harmonis ada hal yang harus dilakukan suatu negara. Negara harus selalu berempati kepada negara lain yang terkena musibah. Negara juga harus menjalin kerja sama, bukan hanya dalam bidang politik, tetapi dalam bidang sosial dan budaya. Menumbuhkan keharmonisan antarnegara memang sangat penting.
Oleh karena itu, negara harus tetap menjaga hubungan dan melakukan tindakan-tindakan lain yang dapat menjaga hubungan antarnegara.
3. Apa yang seharusnya dilakukan pemerintah Indonesia untuk melaksanakan politik luar negerinya?
Jawaban:
Pemerintah Indonesia mempunyai hak dan kewajiban untuk menjalankan politik luar negeri bebas aktif. Pemerintah harus ikut aktif dalam pergaulan internasional supaya menjadi negara yang dapat diperhitungkan dalam masyarakat dunia. Makna bebas dalam politik luar negeri mempunyai makna Indonesia berhak dalam menentukan sikap politik internasionalnya tanpa harus diatur negara lain. Pada intinya, pemerintah Indonesia harus benar-benar melaksanakan politik bebas aktif tersebut sebagai bentuk pelaksanaan tujuan negara dalam menjaga keamanan negara demi menciptakan perdamaian dunia.
4. Bagaimana seharusnya pemerintah Indonesia menanggapi konflik yang sering terjadi di negara Timur Tengah? Berikan argumentasi Anda dengan menggunakan pendekatan politik luar negeri bebas aktif!
Jawaban:
Konflik sering terjadi di negara-negara Timur Tengah. Indonesia bisa berperan aktif membantu dalam menyelesaikan konflik tersebut secara diplomatis. Politik luar negeri Indonesia memberikan kesempatan kepada pemerintah Indonesia untuk membantu dalam menjaga perdamaian dunia. Pemerintah Indonesia bisa menawarkan diri untuk menjadi mediator penyelesaian konflik atau membantumerestrukturisasi sisa-sisa perang dan membantu menyalurkan makanan serta obatobatan bagi korban perang.
5. Hampir setiap tahun tenaga kerja negara A ada yang dihukum di negara B. Mereka biasanya didakwa karena kasus pidana seperti pembunuhan dan kasus tenaga kerja ilegal. Kasus tersebut dapat mengganggu hubungan bilateral negara A dengan negara B yang sudah dibangun sejak lama.
Berikan argumentasi Anda mengenai permasalahan tersebut dan berikan solusi yang terbaik supaya kasus tersebut tidak terulang sehingga hubungan negara A dengan negara B bisa harmonis!
Jawaban:
Permasalahan tenaga kerja sering terjadi setiap tahun. Adanya program penyaluran tenaga kerja ke negara B dapat membantu kedua negara, baik negara A maupun negara B. Oleh karena itu, kedua negara harus memperhatikan dengan baik kasus tenaga kerja. Negara pengirim sebaiknya melakukan seleksi yang ketat terhadap calon tenaga kerja. Negara pengirim juga harus memberikan pelatihan secara profesional kepada para calon tenaga kerja supaya dia tahu hak dan kewajibannya sebagai tenaga kerja. Negara penerima juga harus menyeleksi calon majikan supaya tenaga kerja tidak dimanfaatkan untuk dipekerjakan secara tidak manusiawi. Negara penerima juga harus memberikan pembekalan kepada calon majikan supaya tahu akan hak dan kewajibannya sebagai majikan. Pada intinya, kedua negara harus selalu berkoordinasi dalam rangka perlindungan terhadap tenaga kerja supaya permasalahan tenaga kerja tidak menjadi penyebab ketidakharmonisan hubungan kedua negara.
B. Perjanjian Internasional yang Dilakukan Indonesia
Latihan 2
A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Banyak pakar mengemukakan pendapat mengenai perjanjian internasional. Pendapat dari para pakar dapat diambil benang merahnya sehingga menimbulkan pengertian baru. Pengertian perjanjian internasional dapat didefinisikan sebagai . . . .
a. kesepakatan yang dibuat oleh subjek hokum internasional yang akan menimbulkan kewajiban kepada para pihak
b. keseluruhan aktivitas negara yang dilakukan di luar negeri yang akan menimbulkan hak dan kewajiban
c. perjanjian sakral yang dilakukan negara dan warga negara dunia yang akan menimbulkan kewajiban
d. perjanjian yang harus dibuat oleh lebih dari dua negara dengan standar internasional
e. semua prosedur yang harus dilakukan negara dalam menentukan masa depannya

2. Bacalah wacana di bawah ini!
Indonesia membuat perjanjian bilateral dengan Spanyol dalam bidang perdagangan.
Indonesia berkewajiban mengirim kapas setiap tahun ke Spanyol. Perjanjian sudah berjalan selama lima tahun dan tidak pernah terjadi wanprestasi yang dilakukan kedua negara. Akan tetapi, pada tahun keenam pengiriman kapas ke Spanyol mengalami hambatan. Spanyol menolak kapas yang dikirim Indonesia karena alasan menurunnya tingkat penjualan kapas. Padahal, dalam perjanjian disebutkan bahwa apabila salah satu pihak melakukan wanprestasi harus mengganti kerugian yang ditanggung pihak yang dirugikan. Akan tetapi, Spanyol tiba-tiba menolak mengganti kerugian yang dialami Indonesia. Berdasarkan wacana tersebut, fungsi perjanjian dapat dijadikan sebagai . . . .
a. sarana bertransaksi d. sarana peningkatan pendapatan
b. sumber pendapatan negara e. pengembangan bursa tenaga kerja
c. sumber hukum internasional

3. Bacalah wacana di bawah ini!
Indonesia, Jepang, dan Vietnam membuat perjanjian dalam bidang transportasi.
Ketiga negara bersepakat penghapusan visa bagi warga negara yang akan masuk ke wilayah masing-masing negara. Jepang sebagai negara penggagas mengajak Indonesia untuk berlaku curang dengan membuat klausul yang menimbulkan ketidakadilan bagi warga Vietnam. Jepang mengatakan bahwa hal ini tidak akan berdampak besar karena Vietnam termasuk negara kecil. Tindakan Jepang telah melanggar asas perjanjian internasional. Asas yang telah dilanggar adalah . . . .
a. rebus sic stantibus c. reciprositas e. courtesy
b. egality rights d. bonafides
J5) Rebus sic stantibus adalah asas yang dapat digunakan terhadap perubahan yang mendasar dalam keadaan yang bertalian dengan perjanjian itu.
4. Bacalah wacana di bawah ini!
Liga Bangsa-Bangsa telah gagal mencapai tujuan organisasinya. Negara-negara kemudian membuat lembaga baru yang dikenal dengan Unaited Nations. Untuk melaksanakan program kerja, lembaga ini harus mempunyai anggaran dasar. Pembuatan anggaran dasar dapat membantu dalam pelaksanaan fungsi administrasi. Anggaran dasar Unaited Nations sebaiknya dituangkan dalam bentuk . . . .
a. arrangement b. agreement c. protocol d. charter e. statute

5. Bacalah wacana di bawah ini!
Indonesia membuat kerja sama dengan Rusia dalam bidang pertahanan dan keamanan
negara. Hal ini dalam rangka memperkuat kedudukan militer Indonesia di mata dunia.
Rusia siap menjadi penyedia alat utama sistem senjata bagi Indonesia. Rusia juga
mengajak Indonesia dalam rangka latihan militer bersama yang dilaksanakan di kedua
negara. Kerja sama tersebut dituangkan dalam bentuk perjanjian bilateral.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan pemerintah Indonesia berkenaan dengan kerja sama tersebut adalah . . . .
a. mewaspadai tawaran kerja sama dari Rusia supaya Indonesia tidak menjadi sekutu Rusia
b. menerima tawaran kerja sama karena Rusia bisa memberikan keuntungan kepada Indonesia
c. perjanjian dibuat dalam bentuk keputusan presiden karena hanya menyangkut mengenai latihan militer
d. menerima tawaran Rusia karena Indonesia akan mendapatkan alat utama sistem senjata yang anggih
e. dilakukan pengesahan dengan undangundang karena berhubungan dengan pertahanan dan keamanan negara

6. Berikut merupakan tahapan pembuatan perjanjian internasional berdasarkan pasal 6 ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional.
1) perundingan 3) penerimaan 5) penandatanganan
2) penjajakan 4) perumusan naskah
Urutan proses pembuatan perjanjian yang benar adalah . . . .
a. 1), 2), 4), 5), dan 3)       c. 3), 4), 5), 2), dan 1)         e. 4), 2), 3), 1), dan 5)
b. 2), 1), 4), 3), dan 5)      d. 4), 1), 2), 5), dan 3)

7. Indonesia mengikuti pertemuan dalam rangka membuat perjanjian dalam bidang hokum internasional. Wakil dari Indonesia kemudian membawa naskah perjanjian yang belum diratifikasi ke Indonesia. Pemerintah kemudian membahas naskah tersebut bersama Dewan Perwakilan Rakyat. Setelah dikaji ternyata ada pasal yang bertentangan dengan hukum nasional Indonesia. Tindakan yang seharusnya dilakukan adalah . . . .
a. menyuruh negara-negara lain untuk tidak meratifikasi perjanjian
b. DPR memberikan kesempatan untuk memperbaiki pasal tersebut
c. Indonesia menyatakan bahwa perjanjian tersebut batal demi hukum
d. pemerintah Indonesia berhak untuk tidak meratifikasi perjanjian tersebut
e. pemerintah tetap meratifikasi karena sudah mengikuti proses perumusan naskah dari awal

8. Bacalah wacana di bawah ini!
Pemerintah Indonesia mengirimkan wakilnya dengan full power letter. Wakil Indonesia aktif mengikuti perundingan membahas perjanjian minyak terdapat empat puluh negara yang mengikuti perundingan tersebut. Klausul tersebut menyatakan bahwa setiap negara yang mempunyai cadangan minyak harus mengalokasikan 20% dari pendapatan minyak untuk disetorkan ke lembaga internasional. Perjanjian tersebut akan berlaku lima hari setelah negara ketiga puluh meratifikasi perjanjian. Saat ini baru ada 28
negara yang meratifikasi termasuk Indonesia. Pada tanggal 20 Januari 2015 Arab Saudi meratifikasi perjanjian tersebut. Kemudian disusul oleh negara Iran pada tanggal 15 Februari 2015. Setelah tiga hari kemudian disusul Qatar.
Dengan demikian, perjanjian tersebut akan berlaku mulai tanggal . . . .
a. 21 Januari 2015       c. 15 Februari 2015       e. 25 Februari 2015
b. 25 Januari 2015      d. 20 Februari 2015

9. Perjanjian akan berlaku setelah negara ke-21mengirimkan dokumen ratifikasi. Saat ini sudah ada lima belas negara yang meratifikasi perjanjian.Indonesia sebagai negara ke-21 yang meratifiaksi perjanjian. Perjanjian langsung berlaku setelah Indonesia meratifikasi perjanjian tersebut. Lima tahun perjanjian tersebut berjalan, tiba-tiba India menyatakan diri keluar dari perjanjian. Akibat hukum yang akan terjadi adalah . . . .
a. negara-negara sekutu India akan membatalkan ratifikasi
b. India masih mempunyai kewajiban mematuhi perjanjian
c. negara-negara lain akan merasa kehilangan India
d. Indonesia akan mengikuti jejak India
e. perjanjian akan berakhir

10. Materi dalam perjanjian mengatur bahwa negaranegara yang telah meratifikasi perjanjian akan terikat dengan perjanjian pada hari kesepuluh setelah menyerahkan dokumen ratifikasi.Indonesia menyerahkan dokumen ratifikasi pada tanggal 20 Januari 2014. Selandia Baru menyerahkan dokumen ratifikasi pada tanggal 29 Maret 2014. Afrika Selatan menyerahkan dokumen ratifikasi pada tanggal 16 Januari 2015. Italia
menyerahkan dokumen ratifikasi pada tanggal 17 Januari 2015. Jepang menyerahkan dokumen ratifikasi tanggal 2 Februari 2015. Urutan yang tepat berkenaan dengan jadwal mulai berlakunya perjanjian adalah . .
a. Indonesia tanggal 31 Januari 2014             d. Afrika Selatan tanggal 26 Januari 2015
b. Selandia Baru tanggal 9 April 2014            e. Italia tanggal 28 Januari 2015
c. Jepang tanggal 12 Januari 2015

B. Kerjakan soal-soal berikut!
1. Jelaskan makna asas Pacta Sunt Servanda!
Jawaban:
Pacta Sunt Servanda adalah asas yang menyatakan bahwa setiap perjanjian yang telah dibuat harus ditaati. Ketaatan pada perjanjian hanya berlaku bagi para pihak yang terlibat dalam persetujuan perjanjian. Apabila ada pihak-pihak yang melanggar terhadap perjanjian bisa berakibat perjanjian berakhir karena tidak terpenuhinya syarat berlakunya perjanjian atau bisa berakibat lain yang mengakibatkan terjadinya wanprestasi atau pengingkaran kewajiban.
2. Mengapa negara menjadi subjek utama perjanjian internasional?
Jawaban:
Negara merupakan subjek utama dalam hokum perjanjian internasional. Hal ini karena negara menjadi pelaku penting dalam hubungan internasional.
Selain itu, negara juga dinyatakan sebagai subjek hukum internasional yang pertama karena kenyataan menunjukkan bahwa yang pertama melakukan hubungan internasional adalah negara. Aturan-aturan yang disediakan masyarakat internasional dapat dipastikan berupa aturan tingkah laku yang harus ditaati oleh negara apabila mereka saling mengadakan hubungan. Adapun negara yang menjadi subjek hokum internasional adalah negara yang merdeka, berdaulat, dan tidak merupakan bagian dari suatu negara.
3. Tuliskan klasifikasi perjanjian internasional berdasarkan proses pembentukannya!
Jawaban:
Perjanjian internasional dilihat dari proses pembentukannya yaitu:
a. perjanjian bersifat penting yang dibuat melalui proses perundingan, penandatanganan, dan ratifikasi.
b. perjanjian bersifat sederhana yang dibuat hanya melalui perundingan dan penandatanganan.
4. Mengapa proses pembuatan perjanjian internasional harus didasari iktikad baik? Jelaskan menurut pendapat Anda!
Jawaban:
Perjanjian dibuat oleh para pihak yang mempunyai kepentingan sama. Dengan demikian, para pihak harus membuat perjanjian dilandasi asas iktikad baik supaya perjanjian yang dibuat bisa dirasakan adil bagi semua pihak. Apabila perjanjian tidak didasari iktikad baik dari para pihak tentu akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari.
5. Tuliskan jenis materi perjanjian internasional yang harus dituangkan dalam bentuk undang-undang!
Jawaban:
Pengesahan perjanjian internasional dilakukan dengan undang-undang apabila berkenaan dengan hal-hal berikut.
a. Masalah politik, perdamaian, pertahanan, dan keamanan negara.
b. Perubahan wilayah atau penetapan batas wilayah negara Republik Indonesia.
c. Kedaulatan atau hak berdaulat bagi negara.
d. Pembentukan kaidah hukum baru.
e. Pinjaman dan hibah luar negeri
C. Kedudukan Perwakilan Diplomatik Indonesia
Latihan 3
A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Presiden mengangkat duta dan konsul untuk ditempatkan di negara-negara sahabat. Untuk
menentukan orang-orang yang akan menjabat duta dan konsul, presiden harus memperhatikan pertimbangan . . . .
a. Mahkamah Agung         c. Dewan Perwakilan Daerah      e. Majelis Permusyawaratan Rakyat
b. Mahkamah Konstitusi       d. Dewan Perwakilan Rakyat

2. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Mewakili negara pengirim di dalam negara penerima.
2) Menyelenggarakan bimbingan dan pengawasan terhadap warga negara di wilayah kerjanya.
3) Mengadakan persetujuan dengan pemerintah negara penerima.
4) Melaksanakan pengamatan, penilaian, dan pelaporan.
5) Menyelenggarakan urusan pengamanan.
Fungsi perwakilan diplomatik berdasarkan Konvensi Wina 1961 ditunjukkan oleh nomor. . . .
a. 1) dan 2)         b. 1) dan 3)          c. 2) dan 3)             d. 3) dan 4)          e. 4) dan 5)

3. Bacalah wacana di bawah ini!
Warga negara Indonesia di negara Italia dituntut 2 tahun penjara atas kejahatan yang tidak dilakukannya. Perwakilan diplomatic yang ada di negara tersebut kemudian berupaya membantu menyelesaikan kasus yang menimpanya. Perwakilan diplomatik terus memantau perkembangan kasus dan akan berupaya dengan keras membantu menyelesaikannya.
Perwakilan diplomatik tersebut sedang menjalankan tugasnya dalam hal . . . .
a. persahabatan        b. representasi      c. observasi      d. negosiasi       e. proteksi

4. Seorang diplomat mempunyai fungsi diplomatic Implementasi fungsi diplomatik yang benar yaitu. . . .
a. Duta Besar Indonesia atas nama pemerintah Indonesia menghadiri acara hari ulang tahun negara Kanada
b. pemerintah Indonesia menempatkan para diplomatnya untuk menjadi spionase di negara penerima
c. pemerintah Indonesia menerima laporan dari diplomat mengenai rahasia negara Inggris
d. para diplomat di negara Iran diminta kembali ke Indonesia sampai keadaan Iran membaik
e. Duta Besar Indonesia untuk Mesir menerima kewarganegaraan Mesir

5. Bacalah wacana di bawah ini!
Amerika Serikat mengusir empat diplomat Libia untuk Amerika Serikat.Pemerintah Amerika Serikat mengusir keempat diplomat tersebut karena melakukan intimidasi terhadap para pembangkang Libia di Amerika Serikat. Mereka diberi waktu 72 jam untuk meninggalkan Amerika Serikat.
Keempat diplomat Libia tersebut termasuk dalam diplomat . . . .
a. persona nongrata        c. charge d’affair          e. gerzant
b. persona grata             d. minister

6. Bacalah wacana di bawah ini!
Para diplomat mempunyai hak-hak yang dapat melindunginya. Hak-hak tersebut antara lain hak pribadi atas nama benda, hak menolak kunjungan dari mana pun untuk masuk dikediamannya. Oleh karena itu, diplomat dapat melarang setiap orang untuk masuk kerumahnya. Akan tetapi, dalam hal-hal tertentu
rumah diplomat dapat dimasuki tanpa izin dari pemiliknya. Hal tersebut dapat dilakukan apabila . . . .
a. rumah diplomat sedang kosong           d. diplomat sedang pulang ke Indonesia
b. diplomat mengadakan open house      e. ada pembantu yang berkewarganegaraanasing
c. terjadi kebakaran di rumah diplomat

7. Bacalah wacana di bawah ini!
Pemerintah menugaskan perwakilan diplomatik yang ada di Jerman untuk mengadakan pembicaraan dengan pemerintah Jerman. Wakil Indonesia membahas mengenai proyek kerja sama Indonesia dan Jerman.
Ada beberapa hal yang harus ditinjau kembali mengenai kerja sama Indonesia dan Jerman dalam bidang pangan. Perwakilan Indonesia tersebut sedang manjalankan fungsinya dalam hal . . . .
a. proteksi      b. negosiasi        c. observasi      d. representasi       e. persahabatan

8. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Seorang PNS.
2) Bukan berasal dari kementerian luar negeri.
3) Ditempatkan di KBRI Malaysia.
4) Bertugas membantu duta besar.
Pernyataan di atas merupakan beberapa ciri jabatan perwakilan Indonesia. Jabatan yang dimaksud adalah . .
a. duta         b. konsul         c. atase teknis       d. kuasa usaha       e. menteri residen

9. Perwakilan diplomatik tidak dapat dihukum dinegara tempat ia diakreditasikan. Hal ini berlaku, baik bagi kasus pidana maupun perdata. Negara penerima bisa mengembalikan perwakilan diplomatik sebagai bentuk kekecewaan yang diterima pemerintah negara penerima. Berkenaan dengan tidak dapat dihukumnya perwakilan diplomatik tersebut dikarenakan . . . .
a. para diplomat mempunyai hak imunitas
b. diplomat tidak akan pernah melakukan kesalahan
c. para diplomat mempunyai tim kuasa hokum terbaik
d. pemerintah negara pengirim dapat membantu kasusnya
e. diplomat mempunyai hak untuk tidak menanggapi putusan pengadilan

10. Salah satu fungsi perwakilan konsuler adalah . . . .
a. membantu supaya warga pengirim tidak melanggar hukum
b. memberi keterangan mengenai strategi pengembangan pendidikan
c. melindungi kepentingan negara dan warga pengirim di negara penerima
d. melindungi kejahatan-kejahatan yang dilakukan warga negara Indonesia
e. melakukan spionase dan melaporkan rahasia perdagangan negara penerima

B. Kerjakan soal-soal berikut!
1. Apa yang menyebabkan tugas perwakilan diplomatik berakhir sebelum tujuan tercapai?
Jawaban:
Menurut ketentuan pasal 43 Konvensi Wina 1961tentang hubungan diplomatik, fungsi-fungsi seorang agen diplomatik berakhir atas pemberitahuan oleh negara pengirim kepada negara penerima bahwa fungsi agen diplomatic tersebut berakhir dan pemberitahuan oleh negara penerima kepada negara pengirim bahwa negara penerima menolak mengakui agen diplomatic sebagai seorang anggota missi (perwakilan diplomatik.
2. Perwakilan diplomatik mempunyai hak-hak istimewa. Hak tersebut tetap akan berlaku apabila perwakilan diplomatik melakukan pelanggaran pidana. Apakah dengan diberikannya hak istimewa tersebut perwakilan diplomatik berhak melakukan segala sesuatu termasuk melanggar peraturan? Jelaskan!
Jawaban:
Perwakilan diplomatik akan mendapatkan hak kekebalan. Hak ini melindungi perwakilan diplomatic dari berbagai hak pribadinya dan ketaatan pada hukum. Walaupun mereka mempunyai hak istimewa, bukan berarti mereka bebas melakukan kejahatan di negara penerima.
3. Jelaskan letak perbedaan antara atase pertahanan dan atase teknis!
Jawaban:
Atase pertahanan merupakan perwira militer. Dia menjabat sebagai diplomat dan bertugas memberi nasihat dalam bidang militer kepada duta besar berkuasa penuh. Atase teknis merupakan PNS yang diperbantukan untuk melaksanakan tugastugas teknis sesuai dengan latar belakang kementeriannya, seperti orang yang berasal dari kementerian pendidikan ditempatkan sebagai atase pendidikan.
4. Jelaskan tugas konsuler dalam rangka membantu perekonomian negara!
Jawaban:
Konsuler mempunyai tugas khusus dalam bidang nonpolitik. Salah satu fokus kerjanya yaitu bidang ekonomi. Konsuler dapat membantu perekonomian negara Indonesia. Konsuler dapat mengetahui perkembangan hubungan dagang. Informasi yang diberikan konsuler sangat penting dalam mengembangkan hubungan kerja sama dalam bidang perekonomian antara negara Indonesia dengan negara penempatan konsuler.
5. Jelaskan mekanisme pengangkatan dan penempatan konsul!
Jawaban:
Pengangkatan konsul dapat dilakukan dengan prosedur atau langkah-langkah sebagai berikut.
a. Pemerintah negara pengirim menunjuk seorang untuk diangkat sebagai konsul.
b. Penunjukan tersebut kemudian diberitahukan kepada calon negara penerima disertai permintaan dikeluarkannya eksekuatur konsuler dengan mengirimkan komisi konsuler melalui saluran diplomatik.
c. Apabila calon negara penerima menyetujui penunjukan tersebut, dia akan mengeluarkan eksekuatur konsuler sebagai permulaan tugas konsul.

Iklan

2 thoughts on “TES KOMPETENSI BAB 5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s